Cetak Buku Panduan Umrah Murah 24 Jam Pondok Gede, Bekasi



Sebelum datang ke jasa cetak buku haji maka Anda harus paham mengenai berbagai macam jenis kertas yang digunakan. Hal ini bisa mempermudah Anda untuk memilih kertas yang berkualitas sehingga buku dapat bertahan dalam waktu lama.

Apalagi buku ini akan dijadikan panduan saat umrah sehingga digunakan selama kegiatan ibadah tersebut dilakukan. Apalagi layanan cetak buku haji akan menawarkan beberapa jenis kertas yang memiliki berbagai macam keunggulan.

Hal ini berpengaruh terhadap hasil cetakan dan harga ditawarkan. Jadi agar proses pemilihan berjalan dengan singkat maka Anda harus mengetahui berbagai macam jenis kertas ini agar memilih sesuai kebutuhan.

Jenis Kertas yang Digunakan Jasa Cetak Buku Haji

Setelah Anda menemukan layanan cetak buku haji maka harus paham mengenai beberapa jenis kertas yang akan ditawarkan. Tentunya Anda harus memilih kertas berkualitas yang membuat hasil cetakan terlihat jelas sehingga nyaman dibaca. Inilah beberapa pilihan kertasnya yaitu: 

1. Jenis HVS 

Merupakan tipe yang paling sering digunakan pada fotocopy maupun percetakan. Memiliki karakter berwarna putih dengan permukaan yang cukup halus ketika disentuh. Untuk ketebalannya juga bervariasi mulai dari 60 gsm sampai 100 gsm di mana semakin tebal maka semakin berat juga kertasnya.

Umumnya orang menyukai ketebalan HVS 70 gsm di mana tipe ini banyak digunakan untuk isi. Namun tidak disarankan untuk mencetak buku tebal karena akan berpengaruh terhadap beratnya. 

2. Jenis Bookpaper 

Tipe satu ini banyak digunakan pada novel dan beberapa buku. Alasan mengapa jasa cetak buku haji menyediakan tipe ini karena bobotnya ringan bahkan dibandingkan dengan HVS sekalipun.

Memiliki warna agak cream sehingga lembut dan tidak membuat sakit mata. Ketebalannya juga beragam mulai dari 55 gsm, 57,5 gsm sampai 70 gsm. Umumnya banyak yang menggunakan kertas tipe ini untuk cetak buku yang beratnya 55 gsm dan 57,5 gsm. 

3. Jenis Matte Paper

Biasa jasa cetak buku haji menawarkan tipe kertas ini jika ingin mencetak majalah atau brosur. Walaupun beberapa buku ada yang menggunakan jenis kertas ini tetapi harganya lebih mahal dibandingkan tipe lain.

Memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan licin sehingga terlihat menarik secara estetika. Namun karena permukaannya inilah tinta cenderung mudah luncur sehingga jarang untuk mencetak buku kecuali untuk keperluan tertentu. Tinta yang digunakan juga khusus sehingga hasil cetakannya awet. 

4. Jenis Art Carton

Untuk bagian sampul maka sangat disarankan menggunakan jenis ini karena memiliki ketebalan tinggi dengan ukuran 190 sampai 400 gram. Namun terkadang art paper bisa dijadikan pengganti art carton untuk cover apabila memiliki ketebalan sama.

Bahkan sekilas antara jenis kertas ini mirip dengan art paper karena memiliki permukaan yang halus dan licin. Penting untuk Anda ketahui bahwa kertas digunakan sebagai isi dan covernya berbeda. Diharapkan Anda sudah paham mengenai beberapa jenis kertas ini sebelum mencetak di jasa percetakan.

Jika Anda masih bingung memilih jenis kertas yang cocok untuk buku haji, maka bisa berkonsultasi dengan jasa percetakan kami di Jl Balai Pustaka Baru no 43 Jakarta Timur Rawamangun. Percetakan kami juga buka selama 24 jam sehingga mempermudah Anda untuk melakukan order kapanpun.

Bahkan yang tidak kalah menarik order bisa ditunggu karena proses pengerjaan tidak memakan waktu lama. Jadi wajib untuk memesan di jasa cetak buku haji kami apalagi dikerjakan oleh orang yang ahli di bidangnya.